Kamis, 11 November 2010

Tugas Ilmu Sosial Dasar : Tsunami di Mentawai (Bencana alam 2010)

Warga sudah mulai butuh pakaian dan berbagai macem kebutuhan



Mentawai – Kondisi Dusun Muntai, Pagai Selatan, Mentawai, hancur lebur diterjang tsunami.
Kini, warganya sangat membutuhkan pakaian ganti, pembalut wanita serta perlengkapan perawatan bayi.

“Untuk makanan sementara cukup,” ujar Jerisius saat ditemui di dusunnya, Jumat (29/10/2010).
Jericius menjelaskan, sebelum tsunami ada 74 kepala keluarga (KK) di Dusun Muntai. Kini yang tersisa hanya 37 KK. 124 Warga ditemukan meninggal dunia.

“Saya juga hanya berhasil menyelamatkan 2 anak saya yang masih kecil. Istri saya tewas disapu tsunami,” kisah Jericius.
Dusun ini tepat menghadap ke Samudera Hindia. Letak dusun hanya 10 meter dari tepi pantai. Begitu tsunami menerjang, semua rumah warga dan fasilitas peribadatan pun rata dengan tanah.

“Saat ini pukul setengah tiga pagi. Saya terbangun karena ada gempa. Tapi gempa itu tidak lama. Saya pikir tidak terjadi apa-apa, tapi kemudian ada gemuruh kemudian tsumani,” cerita pria itu sedih.



Pendapat Saya : Pemerintah kurang cepat dalam memberi bantuan disini sehingga terjadi hal seperti ini..


Solusi : Seharus'a respon pemerintah lebih cepat dalam menangani bencana alam agar hal seperti ini tidak terjadi...



Nama : Yopi Winarko
NPM : 18110685
Kelas : 1 KA 31
Mata Kuliah : Ilmu Sosial Dasar


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar